Inginkutau Headline Animator

Rabu, 18 November 2009

Plasma Adalah Wujud Zat Keempat


Plasma adalah gas yang terionisasi, artinya gas tersebut sudah kehilangan elektron2nya. Kita tahu bahwa sebuah unsur terdiri atas elektron dan nukleus (yang terdiri atas proton dan neutron). Dalam zat padat, atom2 terikat satu sama lain membentuk molekul, yang masing2 terikat dalam suatu ikatan kimia yang kuat. Pada zat padat, molekul2 terikat dalam ikatan kimia lemah, dan dalam gas, molekul2 terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia.

Nah dalam plasma, unsur2 tersebut tidak lagi bersatu membentuk molekul, dan unsur2 tersebut kehilangan elektron2nya. Jadi dalam plasma, yang ada adalah sebuah "sup" yang terdiri atas nukleus dan elektron.

Karena plasma memiliki banyak elektron bebas, maka plasma dapat menjadi konduktor yang baik sekali. Contoh plasma adalah lampu neon atau display komputer.

Dilihat dari skemanya adalah
padat ---dipanaskan--> cair ---dipanaskan---> gas ---dipanaskan--> plasma
jadi plasma tidak masuk dalam padat/cair/gas, karena itu plasma dianggap sebagai wujud ke empat

Dan ketika ada pertanyaan apa perbedaan plasma dengan api? maka api itu perubahan dari gas ke plasma... karena klo plasma adalah gas yang terionisasi dengan sempurna tetapi api masih terionisasi sebagian...
dan bukti bahwa plasma adalah gas yang terionisasi yaitu plasma dapat dikendalikan dengan medan magnet dan medan listrik. seperti pada ARC reactor, ITER reactor, dan reaktor2 fusi yang lain.....

Maka pantaslah plasma merupakan wujud zat keempat selain padat, cair, dan, gas.

Comments :

8 komentar to “Plasma Adalah Wujud Zat Keempat”

Anonim mengatakan...
on 

Mudah dimengerti

Anonim mengatakan...
on 

Dalam zat padat, atom2 terikat satu sama lain membentuk molekul, yang masing2 terikat dalam suatu ikatan kimia yang kuat. "Pada zat padat, molekul2 terikat dalam ikatan kimia lemah", dan dalam gas, molekul2 terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia.

Mau tanya, apakah yang saya beri tanda petik itu yang dimaksud bmemang benar zat padat, atau mungkin maksud nya zat cair, soalnya saya bingung membaca di situ ada dua penjelasan tentang ikatan kimia zat padat yang mempunyai maksud yang jauh berbeda.

Maaf dan makasih ...

Anonim mengatakan...
on 

Kalau bose enstein condensate itu apa?

Distributor Diener mengatakan...
on 

keren juga, wujud zat ke - 4. jadi plasma itu bisa disebut gas ya?

Unknown mengatakan...
on 

wahhh kerennnnn

Unknown mengatakan...
on 

pemahaman sederhana yg dijelaskan dengan tata bahasa yang luar biasa "membingungkan"

Unknown mengatakan...
on 

Ya gak lah.. gimna sihh

Unknown mengatakan...
on 

Kalau gas dipanaskan menjadi plasma, seperti dia bilang, kalau plasma didinginkan jadi?

Posting Komentar

Exchange Link

Link Gank RemboL

 

Copyright © 2009 by Inginkutau